Selasa, 06 Desember 2011

Hewan-Hewan Paling Kecil

1. Anjing Paling Kecil
Ducky, anjing Chihuahua dari Charlton (Massachusetts, USA) adalah pemegang Guinness World Record untuk anjing terkecil di dunia berdasarkan tinggi. Tinggi badan Ducky hanya 4,9 inci dengan berat 1,4 pon atau sekitar 0,63 kg. Ducky mengalahkan Danka Kordak dari Slovakia, dengan tinggi 5,4 inci.

2. Ular Paling Kecil
Eptotyphlops Carlae adalah jenis ular terkecil di dunia dengan panjang hanya empat inci atau 10,1 cm. Ular yang ini bisa ditemukan di pulau-pulau Karibia, Barbados, dan pertama kali ditemukan oleh Balir Hedges. Saking tipisnya, sekilas ular ini tampak seperti spaghetti. Binatang ini bereproduksi dengan cara bertelur. Ular betina hanya menghasilkan satu buah telur besar, karena itu jumlah spesies ini juga terbatas.

3. Ikan Paling Kecil
Anglerfish Photocorynus Spiniceps ditemukan pada bulan Januari 2006 di Pulau Sumatera, Indonesia. Ikan ini termasuk ke dalam famili progenetica Paedocypris. Ikan ini adalah hewan bertulang belakang (vertebrata) paling kecil dengan hanya panjang hanya 7,9 mm (0,3 inci). Sedangkan jenis betina dari anglerfish spiniceps photocorynus panjangnya hanya sekitar 6,2 mm (0,2 inci).

4. Kuda Paling Kecil
Thumbelina lahir tanggal 1 Mei, 2001 di Peternakan Goose Creek, St. Louis dengan berat 8,5 pon dan tinggi 10 inci. Pada umur 5 tahun, tingginya hanya mencapai 17 inci atau 43,18 cm dan Guinness World Records meresmikannya sebagai kuda terkecil di dunia. Thumbelina lahir dari dua kuda mini, namun tidak ada yang menduga bahwa kuda itu akan melahirkan kuda supermini.

5. Kucing Paling Kecil
Mr Peebles adalah kucing yang berusia 2 tahun dengan berat hanya 3 pound atau sekitar 1,5 kg dan panjang sekitar 15 cm. Mr Peebles pas banget dimasukkan ke dalam gelas bervolume 200 ml. menurut dokter, kelainan ukuran tubuh ini disebabkan oleh kelainan genetik. Keunikannya ini membuatnya dinobatkan sebagai kucing paling kecil di dunia oleh Guinness Book Of World Records pada tahun 2004.

6. Hamster Paling Kecil
Namanya Peewee, ukuran tubuhnya hanya sedikit lebih besar dari koin kecil, beratnya kurang dari 1 ons. Jadilah dia diresmikan sebagai hamster terkecil di dunia. Pertumbuhan badan Peewee berhenti saat ia berusia sekitar 3 minggu sementara saudara-saudaranya terus tumbuh seperti hamster normal. Kini tingginya hanya sekitar 2,5 cm (0,9 inci).

7. Bunglon Paling Kecil
Minima Brookesia adalah spesies bunglon paling kecil di dunia. Bunglon ini panjangnya hanya 1,5 inci. Hewan ini bisa ditemukan di kawasan hutan hujan tropis Pulau Nosy Be di pantai utara-barat Madagaskar. Biasanya jenis betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jantan.

8. Sapi Paling Kecil
Sapi paling kecil di dunia bisa ditemukan di Desa Vechur, Distrik Kotayyam, Kerala, India. Sesuai dengan nama desanya, sapi ini dinamakan Sapi Vechur. Binatang ini memiliki tinggi rata-rata 31-35 inci (81-91 cm) dan panjang rata-rata 124 cm. Susu yang dihasilkan oleh sapi sangat melimpah dan bisa menyembuhkan penyakit diabetes, jantung, dan autisme. Saat ini jumlah sapi vechur mulai terbatas karena banyak dikawinkan dengan sapi jenis lain. Dalam foto di samping, sapi vechur yang berusia 16 tahun dibandingkan dengan sapi pada umumnya yang berusia 6 tahun.

9. Kuda Laut Paling Kecil
Makhluk ini dikenal sebagai Hippocampus Denise dan memiliki panjang hanya 16 milimeter atau lebih kecil dari kuku jari. Beberapa orang bahkan menemukan jenis ini dengan panjang hanya 13 mm. Kuda laut ini hidup di perairan tropis Samudra Pasifik bagian barat, 13 dan 90 meter di bawah permukaan laut.

10. Kadal Paling Kecil
Kadal paling kecil di dunia memiliki nama ilmiah Ariasae Sphaerodactylus. Panjang kadal ini sekitar 16 milimeter, atau tiga seperempat inci diukur dari moncong ke ekor. Saking kecilnya, mereka dapat meliukkan tubuh dengan pas pada sebuah koin. Sekilas jadi agak mirip dengan cicak. Binatang unik ini bisa ditemukan di Taman Nasional Jaragua di pedalaman Republik Dominika dan di sekitar Hutan Beata Island.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar