Jumat, 16 Desember 2011

Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Patah Tulang Ringan

Jika melakukan perjalanan di alam terbuka, kita bisa terkena luka memar di tangan atau kaki. Bahkan, kita juga bisa mengalami patah tulang. Jika hal ini terjadi, kita harus memberi pertolongan pertama terhadap luka tersebut. Bagian yang keseleo atau patah harus ditahan di posisinya agar tidak berubah. Jika mungkin, kembalikan ke posisinya semula. Dikenal dua macam patah tulang, yaitu patah tulang terbuka dan path tulang tertutup. Disebut patah tulang terbuka, ketika tulang yang patah menyobek daging sampai terbuka keluar. Jika mengalami patah tulang terbuka, mudah sekali terinfeksi bakteri, sehingga harus segera dilarikan ke rumah sakit.

1. Patah Tulang di Bawah Sikut
Patah tulang yang terjadi antara sikut dan jari tangan dapat diikat dengan mudah. Agar bagian yang patah tidak membengkak, tangan yang patah dijaga posisinya setinggi mungkin.

2. Patah Tulang di Atas Sikut
Pad harus dipasang di bagian lengan dalam (dimulai dari ketiak), lalu di bagian luarnya dari pundak sampai sikut. Lalu, tangan yang patah dijaga posisinya dengan mengikat pergelangan tangan, dan digantungkan ke leher.

3. Patah Tulang di Bagian Lutut
Jika terjadi patah tulang di lutut, di bagian belakang kaki dipasang penyangga. Lalu di bawah lutut yang patah diberi pad dingin. Jika tulang lutut tidak patah, pad dipasang di antara tulang kering dan paha, lalu diikat bersama kaki kanan dan kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar